Rabu, 11 Januari 2017

Hukum Pareto dan The Critical Mass

Orang-orang yang bergerak pada tahap sebuah gagasan diperkenalkan memang sangat sedikit jumlahnya. Mereka cepat mengadopsi sebuah gagasan, mengangguk-anggukkan kepala mereka, tetapi bergerak, berkomitmen dan menyelesaikannya.

Meski sedikit tetapi mereka memecahkan kesunyian, memecahkan rekor, mereka berani menghadapi tantangan, berani malu dan menjadi contoh bagi yang lain. Pada setiap perubahan hal demikianlah yang selalu terjadi. Hanya segelintir orang yang bergerak dan menyelesaikannya. Lalu yang lain menyusul, menyusul, sampai terbentuk apa yang kita sebut dengan The Critical Mass, yaitu jumlah masif yang bersekutu.

Oleh karena itu penting sekali setiap perubahan dimulai dari suatu kelompok kecil. Kita perlu me-Re-code the Critical Mass dengan memanfaatkan prinsip-prinsip penyebaran virus agar kita tidak segera keletihan, hilang arah, bertabrakan (karena ingin cepat-cepat melihat hasil), atau malah mengalami kegagalan.

Dalam Re-code hal ini penting dimengerti hukum pareto yang diperkenalkan oleh Vilvredo Pareto. Hukum ini kadang disebut dengan hukum 20/80, atau yang sedikit (+/- 20%) akan memberi hasil yang terbesar (+/- 80%).

Marilah kita kembali ke tujuan kita semula, yaitu bagaimana membuat setiap perubahan bergerak lebih cepat, menular kepada banyak orang dan memberi dampak perubahan yang sangat besar dengan biaya yang seminimal mungkin (misalnya melalui sedikit orang).

Sedikit orang ini bisa dikenal dalam Change Management sebagai Change Agents atau koalisi perubahan. Sampai di sini mungkin tak ada cara lain selain menggalinya dari kasus-kasus epidemi yang menimbulkan dampak penyebaran yang luar biasa. Sejarawan Malcolm Galdwell, pernah menggali bagaimana epidemi menulat dengan cepat dan bagaimana hal-hal kecil berhasil membuat perubahan besar (How Little Thing Can Make a Big Difference).

Tulisan ini adalah Kutipan Rhenald Kasali dalam buku Re-Code, 2007

The Big Point: Marilah kita menjadi mereka yang "sedikit" untuk bisa membangun Negeri dan menularkannya kepada orang lain. Tetaplah bersemangat membangun NKRI tercinta.

#IndonesiaLebihBaik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar